Imigrasi Kelas II Non TPI Kerinci Laksanakan Kegiatan Pemusnahan Arsip Substantif

Lensainfo.id, Berita Kerinci – Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kerinci Laksanakan Kegiatan Pemusnahan Arsip Substantif, bertempat di Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kerinci, Desa Sanggaran Agung, Kecaman Danau Kerinci- Kerinci Jambi. Selasa, (07/05/24).

Turut hadir Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kerinci Raden Indra Iskandarsyah, SH, MH., Kabag Umum Kantor Wilayah Kemenkumham Jambi Amat Djoemadi, SH, Kasubag Kepegawaian, Tata Usaha dan Rumah Tangga Kanwil Kemenkumham Jambi Taufiq Akbar Nasution, SE, Kasubid Perizinan Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Jambi Asmuni, S.Sos para JFT Arsiparis di Kanwil Kemenkumham Jambi sebagai saksi dalam acara pemusnahan arsip substantif tersebut.

Dalam sambutannya Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kerinci Raden Indra Iskandarsyah, SH mengatakan , Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Pemusnahan Arsip Substantif Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kerinci sejak Tahun 2017 s/d 2018 sebanyak 8595 berkas, sesuai dengan Permenkumham Nomor 54 Tahun 2016 tentang perubahan atas Permenkumham Nomor 35 Tahun 2013 tentang jadwal Retensi Arsip dan Prosedur Penyusutan Arsip di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM RI serta Surat Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia Nomor : B-KN.00.01/132/2023 tanggal 5 Juni 2023 hal Persetujuan Pemusnahan Arsip dengan cara dibakar.
“ Pemusnahan arsip hari ini, ada sebanyak 8595 berkas tang dimusnahakan, hal ini dilakuksasesuai dengan aturan dan Prmenhumhan dan edaran kepala arsip RI dengan cara di bakan,” Ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Umum Kanwil Kemenkumham Jambi Amat Djoemadi, S.H. menyampaikan bahwa di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Jambi yang telah melaksanakan pemusnahan arsip substantif adalah Kantor Imigrasi Jambi dan yang kedua adalah Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kerinci, Amat Djoemadi menambahkan kedepannya seluruh Arsip akan di Digitalisasi sehingga akan memudahkan dalam pengelolaan arsip substantif kedepannya.
“ iya pemusnahan arsip di kantor imigrasi kerinci ini adalah yang kedua, yang pertama adalah kantor imigrasi jambi, hal ini bertujuan agar seluruh Arsip akan di Digitalisasi sehingga akan memudahkan dalam pengelolaan arsip,” Tutupnya. (ADV)