Mendagri RI Puji Keberhasilan Gubernur Al Haris Kendalikan Inflasi di Provinsi Jambi

Lensainfo.id, Berita  Jambi – Wakil Gubernur Jambi Drs. H. Abdullah Sani, M.Pdi menghadiri Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Tahun 2023 FC bersama Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri RI) Muhammad Tito Karnavian. Rakor yang berlangsung secara virtual ini diikuti oleh Wagub Sani beserta jajaran Pemerintah Provinsi Jambi melalui zoom meeting, bertempat di Ruang Vidcon (Video Conference) Rumah Dinas Gubernur Jambi, Senin (04/09/2023).

Mendagri RI Tito Karnavian mengemukan, saat ini yang jauh menurun mengalami kondisi inflasi dengan angka yang rendah adalah Provinsi Jambi. “Saya ucapkan selamat kepada Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris, S.Sos, MH yang berhasil menekan angka inflasi Provinsi Jambi paling rendah secara Nasional yaitu 1,29 persen, terendah di seluruh Indonesia dan kabupaten/kota di Jambi rata-rata jauh turun, kemudian disusul Provinsi Gorontalo,” ungkap Mendagri.
“Kemudian untuk kabupaten juga ada di Jambi dan itu sangat bagus sekali dengan angka 1,93 persen di Kabupaten Bungo. Lalu untuk Kota juga masih berada di Jambi, terimakasih kepada Walikota karena telah menjaga di angka 1,92 persen. Satu provinsi, kota, dan kabupaten yang menjadi terbaik semua berasal dari Jambi,” tambah Mendagri.

Pada kesempatan ini Mendagri RI juga menyampaikan pesan Presiden RI Joko Widodo kepada seluruh Kepala Daerah Gubernur, Bupati/Walikota dan Tim TPID di masing-masing daerah, karena Pemerintah Pusat dan daerah berhasil mengendalikan inflasi di daerah masing-masing dari angka 4 persen ke 3,52 persen selama periode Mei dan Juli 2023. “Memang ada beberapa komoditas mengalami kenaikan, tapi masih dapat dikendalikan, tapi kita harus tetap waspada. Ucapan terima kasih kepada seluruh tim dan kepala daerah,” pesan Presiden RI melalui Mendagri.

Di sisi lain, lanjut Mendagri, saat ini semua negara termasuk Indonesia sedang mewaspadai dampak dari El Nino. Pasalnya, fenomena ini dapat menyebabkan kekeringan, sehingga dikhawatirkan menjadi salah satu pemicu gagal panen di seluruh wilayah Indonesia.
Usai mengikuti Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Tahun 2023 Wagub Sani menjelaskan, Alhamdulillah berkat kerja sama semua tim dan pihak Pemerintah Provinsi Jambi bisa mengendalikan inflasi menjadi 1,29 persen. “Ini semua hasil kerja sama tim dan semua setholder, sudah berkerja sesuai petunjuk dan arahan pusat, tetapi kita tetap waspada dengan langkah-langkah cepat dan tepat. Kita selalu mengadakan rapat koordinasi bersama Penguatan Koordinasi, melalui HLM (High Level Meeting) TPID Provinsi Jambi dan HLM kabupaten/kota,” ujar Wagub Sani.

Wagub Sani juga menuturkan, selain itu Pemerintah Provinsi Jambi selalu mendengarkan dan memantau arahan Presiden dan Mendagri tentang pengendalian inflasi. “Kita selalu berkoordinasi dengan pemerintah pusat untuk ditindaklanjuti di provinsi, juga di kabupaten/kota, konsisten mengendalikan inflasi sesuai dengan arahan Bapak Presiden,” pungkas Wagub Sani. (ADV)