GUBERNUR AL HARIS : SYARIKAT ISLAM KOMITMEN DALAM MEMBANGUN EKONOMI UMAT

Lensainfo.id, Berita Jambi – Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris, S.Sos., MH menyatakan, Organisasi Syarikat Islam (SI) selalu berkomitmen dalam membangun ekonomi umat di Indonesia terutama di Provinsi Jambi. Hal ini dinyatakan Gubernur pada PELANTIKAN PENGURUS DEWAN PIMPINAN WILAYAH (DPW) SYARIKAT ISLAM PROVINSI JAMBI PERIODE 2023-2025, bertempat di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Jum’at (11/08/2023).

“Dakwah Syarikat Islam adalah dakwah dimana mengangkat ekonomi umat dan menyatukan umat. Saya baca sejarah itu dan dapat kita artikan bahwa itu adalah simbol bahwa para pedagang muslim Indonesia tidak mau di monopoli oleh pedagang non pribumi, artinya ini gerakan moral dari anak-anak bangsa, mereka ingin tampil dengan jati dirinya. Tentu kedepan Pemerintah Provinsi Jambi siap bersinergi dengan Syarikat Islam terutama dalam mengangkat ekonomi Jambi kedepannya,” ujar Gubernur Al Haris.

Dalam sambutan dan arahannya Gubernur Al Haris mengatakan, Syarikat Islam yang merupakan organisasi tertua di Indonesia yang awalnya didirikan sebagai wadah perkumpulan dan pergerakan bagi para pedagang muslim pribumi guna menandingi monopoli pedagang Tionghoa. “Walaupun kita ketahui bersama bahwa Syarikat Islam ini telah beberapa kali mengalami metamorfosa, namun tetap konsisten dalam cita-citanya untuk menyatukan seluruh penduduk Indonesia sebagai suatu bangsa yang berdaulat atau Merdeka,” ucap Gubernur Al Haris.

Gubernur Al Haris menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Jambi siap membantu Syarikat Islam dalam membangkitkan ekonomi umat dengan menyandingkan Program Dumisake Jambi Mantap yaitu Program UKMM (Usaha Kreatif Mak Mak). “Kami punya program yang namanya Usaha Kreatif Mak Mak, dimana ini juga dapat mengintervensi kemiskinan, dimana sehingga mak-mak kita ini bisa membantu ekonomi keluarga,” sebut Gubernur Al Haris.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Al Haris juga menyampaikan selamat atas Pelantikan DPW Provinsi Jambi Masa Bakti 2023-2025. “Semoga para pengurus yang dilantik ini dapat menjalankan tugas yang diamanahkan oleh organisasi dengan sebaik-baiknya, serta mewujudkan visi dan misi organisasi dengan baik, mengedepankan kepentingan umat dan menjadi mitra pemerintah,” kata Gubernur Al Haris.

“Saya berharap kepada pengurus yang baru dilantik agar nantinya mampu membina dan merangkul baik seluruh pengurus khususnya maupun umat pada umumnya,” tutup Gubernur Al Haris.
Sementara itu sebelumnya, Ketua Umum Dewan Pengurus Wilayah (DPW) SI Provinsi Jambi Muhammad Husyairi mengatakan, Syarikat Islam Provinsi Jambi akan terus bergerak berusaha untuk mendekatkan diri kepada masyarakat dan bekerja sama dengan pemerintah daerah, khususnya itu bersama-sama membangun ekonomi umat. “Kedepannya Syarikat Islam Provinsi Jambi siap bersinergi dengan Pemda dalam membangkitkan ekonomi umat di Provinsi Jambi,” ujar Muhammad Husairi.

Sementara itu juga, Presiden Syarikat Islam Prof. Dr. H. Hamdan Zoelva, SH., MH dalam sambutannya mengatakan bahwa Syarikat Islam adalah organisasi yang lebih dahulu lahir dari pada Budi Oetomo. “Syarikat Islam ini berisfat nasional dan berada diseluruh Nusantara. Diantara Program Pokoknya yaitu Persatuan Umat, Kemerdekaan Umat, Membangun Pemerintahan yang berdasarkan dan memperhatikan kepentingan dan suara-suara rakyat yang berdasarkan dinul Islam Dan Membangun Kemerdekaan Ekonomi,” kata Hamdan Zoelva.
Acara Prosesi pelantikan pengurus Syarikat Islam Wilayah Provinsi Jambi ini dipimpin langsung oleh Presiden Syarikat Islam Prof. Dr. H. Hamdan Zoelva, SH., MH.

Berikut susunan pengurus DPW Syarikat Islam Provinsi Jambi periode 2023-2025 :
Dewan Wilayah, Ketua : Totok Suprianto, Wakil Ketua : H Dodi Sarwadi, Sekretaris : Fauzan. Pimpinan Wilayah, Ketua : Muhammad Husyairi, Wakil Ketua : Adi Yuliandri, S.PT, Sekretaris : Ahmad Taufiq, M.Pd, Wakil Sekretaris : Hadi Kurniawan, S.Pd.I. Bendahara : Alpadli Monas, S.Kom, Wakil Bendahara : Novrita Amelya, S.Pd. 1. Biro Organisasi Kaderisasi dan Keanggotaan, Ketua : Ardiansah P. S.Sos, Sekretaris : Miftahur Rahmat, S.Hum, Anggota : Sunaryo, S.Pd. 2. Biro Dakwah, Syariah Wal Ibadah, Ketua : M.Basit, S.Pd.I, Sekretaris : Ahmad Dasuki, S.Pd, Anggota : Husaini, S.EI. 3. Biro Pendidikan dan Kebudayaan dan Infokom, Ketua : Adi Sandri, S.Pd.I, Sekretaris : Cendi, Anggota : Supriansyah, S.Pd.I. 4. Biro Pemberdayaan Ekonomi Koperasi, Ketua : Kartiko Mukti W, SH, Sekretaris : Deni Hartanto, SE, Anggota : Randy Saputra, SE. 5. Biro Pemuda, Mahasiswa, Pelajar dan Pramuka, Ketua : Kms. Imam Badawi, SE, Sekretaris : Almusaddath, S.Pd, Anggota : Arbi Kurniawan. 6. Biro Hukum, HAM dan Regulasi, Ketua : Arif Rahmanuddin, SH, Sekretaris : Muhammad Edi, S.HI, Anggota : Muhammad Zubair, S.Ag. 7. Biro Wajaf, Zakat, Infaq dan Shodaqoh, Ketua : Ahmad Baidowi, S.Pd.I, Sekretaris : Ahmad Sofwan, S.Ag, Anggota : Miftahur Rahman, S.Pd. 8. Biro Produk Halal, Industri dan Kreatif, Ketua : M. Renaldi A, S.Pd, Sekretaris : Muzakkir Mubarak, S.E, Anggota : Ziat Zamzami, S.Pd. (ADV)