Wanita Pemerhati Sosial

Lensainfo.id, Sungai Penuh – Perempuan sebagai pemerhati adalah hak ataupun syarat mutlak karena peranya memiliki nilai positif dikalangan masyarakat. Berdasarkan penelusuran pewarta, pemerhati sosial bukan hanya terdapat di kaum laki laki saja. Wanita juga punya kewajiban untuk melakukan hal demikian.

Secara hak, perempuan memiliki cita cita dan berkeinginan serius dalam berdikari serta menyalurkan keikhlasanya untuk membantu keadaan masyarakat yang membutuhkan potensi, sektor, akses jalur ekonomi ataupun sarana dan prasarana lainya.

Disisi lain kodrat wanita memiliki aktivitas di rumah, mengurus anak maupun suami. Jika dipandang dengan suatu keadaan, apabila peranya terdapat di publik atau berkeinginan memang berhadapan dengan aktivitas ganda akan tetapi hal itu bukan sebagai keterbatasan dan dihambat.

Dengan berkembangnya zaman, peran perempuan sangat dibutuhkan pada aspek seperti pembangunan, ekonomi, pendidikan, dan lain sebagainya. Banyak capaian keberhasilan visi dan misi yang terwujud. Artinya, suatu kebijakan dan dorongan perempuan untuk keadilan demi masyarakat tidak diragukan.

Di Indonesia ini, banyak perempuan yang telah berhasil mencapai perubahan sosial, yang tidak lain ialah menjadi sosok pemegang kendali atau pemimpinan di suatu organisasi, perusaahaan, pemerintahan daerah maupun pusat atau berprofesi sebagai pengamat dan penulis.

Dalam hal ini, ada sosok wanita muda sebagai pemerhati sosial, memimpin suatu organisasi termasuk tokoh milenial. Ia bernama Rucita Arfianisa, lahir di Sungai Penuh, setelah tamat dari sekolah menengah atas (SMA) pada tahun 2011 dirinya melanjutkan pendidikan sarjana di salah satu Perguruan Tinggi di Kota Padang dibidang Farmasi dan mendapat gelar apoteker , banyak konsep pembangunan yang ia ciptakan sehingga pada tekadnya itu, terdapat formula potensi yang kereatif dan sangat bermanfaat untuk masyarakat.

Dilihat dari
gerakannya sangat bertanggung jawab terhadap tugasnya. Hal demikian telah dibuktikan dari sisi sosialnya yang tinggi dan telah memberi berbagai motivasi kepada kaum muda sebagai dorongan penyemangat.

“harapan saya kedepannya, jika terpilih nanti tentunya saya akan memperjuangkan visi dan misi saya untuk kemajuan masyarakat. Semoga Allah Swt meridhoi”. (*Red)