Gubernur Al Haris, Mengikuti Syiar Ramadhan 1444 Hijriah Dewan Masjid Indonesia (DMI)

Lensainfo.id, Berita Jambi -Gubernur Jambi Al Haris, mengikuti Syiar Ramadhan 1444 Hijriah Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Jambi, Rabu (19/4/23). Acara yang dilaksanakan secara virtual bersama PP DMI dihadiri juga oleh Ketua Umum PP DMI H. M Jusuf Kalla, Ketua Pimpinan Wilayah DMI Provinsi Jambi beserta Jajaran. Syiar Ramadhan ini dilaksanakan dari Ruang Zoom Rumah Dinas Gubernur Jambi.

Ditemui usai acara Gubernur menyatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan oleh Dewan Masjid Indonesia (DMI) yang memiliki acara Syiar Islam.

”DMI ada acara Syiar Islam biasanya semua daerah mengisi dan hari ini Jambi mengisi, kita melaksanakan secara daring dengan pusat. Tadi acara dibuka dengan pengajian, kemudian siraman rohani dan sampai pada sambutan-sambutan dari saya dan juga dari Bapak Jusuf Kalla. DMI adalah rumah dimana ini sebagai wadah bagi seluruh mesjid di Indonesia dimana masjid mempunyai kiprah yang sama, selain sebagai rumah ibadah, rumah Allah tetapi juga menjadi panggung syiar agama Islam,” ujar Gubernur.

Dijelaskan Al Haris bahwa peran penting dan peran Syiar ini diambil oleh DMI sebagai sebagai peran yang nyata. ”Masjid jangan hanya menjadi simbol rumah ibadah dan di tengah masyarakat, artinya semua masjid harus sudah mulai mengubah mind site sehingga harus dikelola dengan baik manajemennya, kalau bagus manajemen masjid pada akhirnya masjid memiliki badan usaha, tujuannya agar masjid tidak hanya menjadi simbol rumah ibadah saja, tetapi jika ada tanah kosong di sebelahnya bisa membuka galeri-galeri agama Islam dan bisa menjual produk produk bagi para pengurus,” jelas Al Haris.

Dengan adanya unit usaha milik masjid ini, masjid mempunyai sumber-sumber resmi yang bisa juga memberikan bantuan- bantuan kepada fakir miskin. “Dengan masjid yang makmur, syiar berjalan dan dapat membantu umat. Jadi ada multiplier effect kepada umat, dimana umat menikmati rohani juga jasmaninya kita dapatkan,” tambah Gubernur Jambi.

Sebelumnya, dalam sambutan Gubernur Jambi menyatakan apresiasinya dengan dilaksanakannya kegiatan ini. ”Saya sangat mengapresiasi dan menyambut baik pelaksanaan kegiatan Syiar Ramadhan 1444 Hijriah yang diselenggarakan oleh Dewan Masjid Indonesia ini, selain untuk menyemarakkan Bulan Suci Ramadhan melalui kegiatan positif terkait kondisi masjid di berbagai wilayah Indonesia, juga menjadi ajang silaturahmi, mempererat ukhuwah Islamiyah para pengurus Dewan Masjid Indonesia dari berbagai wilayah di Indonesia, serta wadah menjalin komunikasi dengan pemerintah daerah terkait pembangunan manusia di bidang keagamaan,” katanya.

Disampaikan Gubernur Jambi bahwa keberadaan Dewan Masjid Indonesia telah memberikan kontribusi dalam pembangunan di daerah Jambi. Bersama dengan PW Dewan Masjid Indonesia Provinsi Jambi, diharapkan dapat mempercepat terwujudnya berbagai program Pemerintah Provinsi Jambi terkait peningkatan kualitas sumber daya manusia yang agamis.

“Pemerintah Provinsi Jambi siap menerima masukan dan saran konstruktif dari Dewan Masjid Indonesia, yang tentunya untuk mendorong kemajuan dan meningkatkan daya saing daerah Provinsi Jambi. Ide-ide cerdas dan gagasan kreatif dari Dewan Masjid Indonesia, khususnya melalui PW DMI Provinsi Jambi selalu dinantikan untuk membantu pemerintah daerah dalam melakukan terobosan dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia Provinsi Jambi,” pungkas Gubernur. (ADV)