Jelang Hari Raya Wagub Sani Sidak Pasar, Pastikan Harga Bahan Pokok Stabil dan Stok Aman

Lensainfo.id, Berita Jambi -Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani, terus memantau dan memastikan harga bahan pokok stabil dan stok aman jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1444 H/2023 M dan libur lebaran. Wagub Sani langsung pimpin Inspeksi Mendadak (Sidak) ke sejumlah pasar tradisional di Jambi, salah satunya Pasar Angso duo Jambi, Selasa (18/04/2023) pagi.

Sidak yang dilakukan oleh Wagub Sani bersama Tim Satgas pangan dan TPID Provinsi Jambi ini, diawali dengan melakukan peninjauan ke Toko TPID Provinsi Jambi, dan kemudian dilanjutkan dengan peninjauan ke kios pedagang beras serta dilanjutkan ke kios pedagang Cabai sampai ke kios pedagang daging. Di tiap kios Wagub Sani juga berkesempatan berdialog dengan penjual dan bersapa langsung dengan para pembeli.

Dari hasil pantauan mendapatkan beberapa kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan, juga ada yang mengalimi penurunan harga, sedangkan untuk kebutuhan lain masih stabil. Beras untuk 2 sampai 3 bulan kedepan cukup dan juga tidak mengalami kenaikan yang signifikan, harga daging ayam Rp. 30 ribu/kg, daging sapi Rp. 150 ribu/kg, harga cabe merah Rp. 26 – 27 ribu, bawang merah Rp.28 ribu dan bawang merah Brebes Rp. 32 ribu. Untuk daging beku Rp. 80 ribu/kg, ikan nila Rp. 38 ribu/kg, ikan patin Rp. 22 ribu/kg, telur Rp. 48 ribu/piring, bawang putih Rp. 28 ribu/kg, gula pasir Rp. 13.500/kg, beras medium Rp. 9.500/kg, minyak sayur merek Vipco Rp. 15 ribu.

“Sidak yang kita lakukan hari ini untuk memastikan ketersediaan pangan dan kestabilan harga. Dari stok bahan pokok yang tersedia tadi kita lihat, kita tanyakan dengan informan dan para pedagang langsung. Disampaikan bahwa stok tercukupi dan persoalan harga sampai saat ini masih bisa kita katakan stabil, daging beku di Bulog cukup banyak persediaan, beras aman. Memang daging ayam kalau dibandingkan 2, 3 hari yang lalu memang ada kenaikan, tapi tidak signifikan,” ujar Wagub Sani.

“Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi menjamin bahan kebutuhan pokok masyarakat insya Allah tersedia hingga Lebaran 2023 sampai 3 bulan kedepan. Dan harganya pun tidak naik signifikan, masih stabil,” sambung Wagub.

Ditambahkan Wagub Sani, Pemerintah Provinsi Jambi terus melakukan pengawasan dan monitoring terhadap ketersediaan bahan pangan. “Pemerintah Provinsi Jambi terus melakukan pengawasan dan monitoring terhadap ketersediaan bahan pangan menjelang hari raya Idul Fitri 1443 H. Pengawasan dan monitoring tersebut dilakukan oleh Satgas Pangan Provinsi Jambi setiap harinya,” pungkas Wagub. (ADV)