56 PEMBACA

WAGUB SANI: KEJURPROV UPAYA LAHIRKAN ATLET BERPRESTASI

Lensainfo.id, Berita Jambi – Wakil Gubernur Jambi, Drs.H.Abdullah Sani,M.Pd.I., menyatakan Kejuaraan Provinsi Tarung Derajat merupakan salah satu upaya dalam mencari dan melahirkan atlet atlet berprestasi. Hal tersebut dinyatakan Sani saat membuka Kejuaraan Tarung Derajat ke VII Provinsi Jambi Tahun 2022, yang berlangsung di Gedung Olahraga Kota Baru Jambi, Kamis (08/12/2022).

Saya memberikan apresiasi kepada para pengurus dan panitia pelaksanaan event yang telah berupaya menyelenggarakan event ini. Event Kejuaraan Provinsi Jambi ini merupakan salah satu upaya untuk menemukan dan melahirkan serta mencetak bibit-bibit atlet berprestasi yang dapat mengharumkan nama Provinsi Jambi diberbagai event baik regional, nasional, maupun internasional, ujar Sani.

Sani menuturkan olahraga tarung derajat merupakan seni bela diri full body contact (kontak badan penuh) yang berasal dari Indonesia, dimana Achmad Dradjat sebagai penggagas utama. Peminat olahraga cukup banyak dan semakin berkembang, karena tarung derajat memiliki makna filosofi yaitu melindungi diri dari perbuatan yang tidak bermoral dan tidak manusiawi serta untuk menegakkan dan meningkatkan kehormatan diri sendiri dan keluarga serta orang lain.
Sani menjelaskan, petarung tarung derajat harus memiliki jiwa dan perilaku yang tidak menyombongkan diri, mampu mengokohkan fisik dan nurani para petarung, selalu meningkatkan kualitas dan kemampuan yang dimilikinya, sehingga dapat menunjukan bakat dan prestasinya.

“Saat ini, olahraga tarung derajat telah mulai dipertandingkan di Pekan Olahraga Daerah (PORDA), Pekan Olahraga Nasional (PON), bahkan SEA Games, sehingga kita harus terus melakukan peningkatan kemampuan para atlet agar mampu bersaing di seluruh event dan tingkatan pertandingan, jelas Sani.

“Saya berpesan kepada seluruh peserta, agar bertanding secara jujur dan menjunjung tinggi sportivitas, jadikan kejuaran ini sebagai ajang silaturrahmi sesama atlet dan ofisial. Bagi peserta yang meraih kemenangan jangan cepat berpuas diri dan bagi peserta yang kalah supaya terus berbenah, mengevaluasi diri dengan terus berlatih, semoga di masa-masa mendatang menjadi yang terbaik, lanjut Sani.

Lebih lanjut, Sani mengharapkan melalui event Tarung Derajat dapat meningkatkan persaudaraan serta memperkuat persatuan dan kesatuan, sehingga dapat menjaga nama baik asal dan daerah masing-masing,  agar memanfaatkan peluang ini dengan sebaik-baiknya untuk melatih mental dan karakter sebagai upaya pembinaan atlet-atlet tarung derajat Provinsi Jambi yang potensial dan unggul.

“Selamat bertanding, semoga kejuaraan ini berlangsung dengan lancar dan sukses, manfaatkan peluang pertandingan dengan sebaik-baiknya untuk melatih mental dan karakter sebagai upaya pembinaan atlet-atlet tarung derajat Provinsi Jambi yang potensial dan unggul dan menambah cabang olahraga yang bisa menghasilkan prestasi, tutup Sani. (ADV)