13 PEMBACA

Pada HUT ke-64 , Bupati Kerinci Sebut Laju Pertumbuhan Ekonomi Meningkat

Lensainfo.id, Berita Kerinci – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kerinci, mengelar rapat Paripurna dalam rangka HUT Kabupaten Kerinci ke-64 Tahun 2022 di Ujung Ladang, Kecamatan Gunung Kerinci, Kabupaten Kerinci, Rabu (9/11/2022).

Paripurna dihadiri Gubernur Jambi Al Haris, Dirjen Kementerian Supendi, Perwakilan Kepala BPK Jambi, Anggota DPRD Provinsi Jambi Dapil Kerinci-Sungai Penuh, Walikota Solok Selatan, Wakil Bupati Muko-Muko, Pewakilan Bupati Pesisir Selatan, Perwakilan Bupati Kabupaten/Kota se-Provinsi Jambi, Unsur Forkopimda daerah, anggota DPRD Kerinci, para kepala SKPD serta undangan lainnya.

Ketua DPRD Kerinci Edminudin saat membuka rapat paripurna berharap pemerintahan Kabupaten Kerinci terus memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat Kerinci.

Edminudin juga berharap pada gubernur Jambi agar meningkatkan penanganan jalan kabupaten kerinci jadi jalan provinsi. Program prioritas unggulan di harapan diwujudkan menyentuh wilayah Kabupaten Kerinci. Baik itu sektor pariwisata, pertanian, perkebunan dan lainnya. “Demikian juga Penanganan longsor yang sering terjadi di Muara Emat. Kami juga berharap rute penerbangan udara bisa diaktifkan kembali, sebagai transportasi alternatif,” katanya.

Bupati Kerinci Adirozal dalam sambutannya mengatakan sebagai masyarakat Kerinci kita wajib bersyukur dengan menjadikan hari kelahiran Kabupaten Kerinci sebagai sebuah Inspirasi dan Motivasi untuk mengisi kembali setiap detik perjuangan kehidupan daerah ini dengan karya dan prestasi. “Mari kita bingkai catatan perjalanan hari ini dan kedepan dengan kerja produktif demi meraih cita-cita dan harapan masa depan yang lebih baik dan berkeadilan serta membangkitkan perekonomian Kabupaten Kerinci,” ucap Bupati Kerinci.

Bupati Adirozal juga menyampaikan hasil penyelenggaraan pembangunan di Kabupaten Kerinci diantaranya terkait dengan laju pertumbuhan ekonomi kerinci yang meningkat. Pada 2021 ekonomi Kerinci tumbuh sebesar 4.33 persen naik dari tahun 2020 yakni 3,69. Demikian juga dengan gini rasio menurun di tahun 2021 dan tahun ini. Sedangkan IPM naik, urutan ketiga di provinsi Jambi. Pemerintah Kabupaten kerinci juga menjadi kabupaten inovatif pada infrastruktur jalan tahun 2021.

“Di sektor pertanian Kabupaten Kerinci merupakan lumbung padi Provinsi Jambi. Luas sawah di Kerinci mencapai 20.725 hektare yang tersebar di seluruh Kecamatan dan menghasilkan 110,195 Ton gabah kering,” kata Bupati Adirozal.

Selain itu Kerinci berhasil meraih berbagai Penghargaan nasional dan provinsi. Yakni Penghargaan WTP ke-8 secara berturut-turut atas laporan keuangan tahun anggaran 2021. Penghargaan dari Kementerian Aparatur Negara, penghargaan Daerah Inovatif. Serta daerah peraih penghargaan nilai Investasi tertinggi 2021. “Kita akan terus memberikan yang terbaik bagi masyarakat terutama pelayanan publik. Semoga kedepan sesuai visi misi Kerinci lebih baik dan maju,” pungkasnya. (ADV)