16 PEMBACA

Festival Kerinci Ke XX Tahun 2022 Resmi Dibuka Didermaga Danau Kerinci

Lensainfo.id, Berita Kerinci – Gubernur Jambi yang diwakili Wakil Gubernur Jambi, Abdullah Sani membuka secara resmi festival Kerinci ke XX Tahun 2022 yang bertempat di dermaga Danau kerinci.Pada Minggu (06/11/2022) pagi ini.

Hadir pada acara Festival Kerinci, Wakil Gubernur Jambi, beserta Tim Penggerak PKK Jambi, Sekretaris Deputi Bidang Produk Wisata Dan Penyelenggara Kegiatan (Events) Edy Wardoyo serta hadir juga sejumlah Bupati dan Walikota dalam Provinsi Jambi, Forkompinda Provinsi Jambi dan Kabupaten Kerinci, Anggota DPRD Jambi dan Kabupaten Kerinci, serta ikut hadir langsung perwakilan dari Malaysia.

Acara Festival Kerinci Tahun 2022 ini dengan Tema “Harmoni Alam dan Budaya”. Sesampai di Dermaga Danau Kerinci, Wagub Jambi, Bupati bersama para undangan disambut langsung dengan tari sikapur sirih, dan dimeriahkan dengan penampilan tari massal.

Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kerinci, Juanda Sasmita dalam sambutannya menyampaikan bahwa Festival Kerinci ini akan berlangsung dari tanggal 06 November hingga 09 November 2022. Dan juga Festival Kerinci kali ini ada beberapa perlombaan yang akan digelar yakni Tari Massal, Seni Tradisional.

Bahkan untuk rangkaian kegiatan diantaranya tampilan Seni dan Budaya ini nantinya juga akan tampil dari luar daerah. “Kita juga akan menampilkan Seni dan Budaya dari luar Provinsi Jambi seperti tamu dari Sumbar, Bengkulu dan Damasraya,” sebutnya.

Sedangkan untuk lomba lagu daerah dan kuliner pesertanya dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Kecamatan di lingkup Pemkab Kerinci. “Untuk Fashion Show peserta wajib mengunakan batik khas Kerinci, namun untuk lomba cinderamata peserta boleh dari Bumdes dan pelaku usaha, kita ingin peserta mengunakan bahan atau sumber daya alam Kerinci seperti kopi, teh dan kayu manis,” jelasnya.

Sementara untuk tamu undangan yakni dari Kementerian Pariwisata, Anggota DPR RI Dapil Provinsi Jambi, Wakil Gubernur Jambi, Pemprov Jambi, Kepala Daerah di Provinsi Jambi, Kepala Daerah Provinsi Tetangga dan Himpunan Keluarga Kerinci (HKK) seluruh Indonesia.

Sementara itu Bupati Kerinci, Adirozal, dalam sambutannya juga menyampaikan bahwa Festival Kerinci kali ini dengan tema “Harmoni Alam dan Budaya”. Tema ini kata Bupati, selaras dengan ciri khas kerinci, yakni yang menggambarkan keindahan alam, budaya, dan kuliner.

Patut kerinci dengan sebutan sekepal tanah surga yang dicampakan ke Bumi ini, menjadi Branding Pariwisata Provinsi Jambi. “Pada Festival Kerinci kali ini, berbagai pelagaran seni ditampilkan. Terpilihnya Kerinci sebagai branding wisatanya Provinsi Jambi selama ini, tentunya tak lain membuat Kunjungan wisata Kerinci tidak pernah sepi meskipun selama covid berlangsung,” ujarnya.

Maksud dan tujuan dilakukannya Festival Kerinci ini yakni ialah sebagai ajang promosi produk unggulan kerinci, serta promisi wisata dan kebudayaan Kerinci. “Selamat datang para tamu undangan baik dari Provinsi Jambi, maupun Provinsi tetangga serta dari Negri Jiran Malaysia,” ucap Bupati. (ADV)