11 PEMBACA

Bupati Kerinci Dampingi Kunjungan Menparekraf Sandiaga Uno di Pentagen

Sebelumnya Bupati Kerinci Adirozal menyambut kedatangan Menparekraf Sandiaga Uno beserta Gubernur Jambi Al Haris dan rombongan di Bandara Depati Parbo Kerinci. Kunjungan Menparekraf ini dalam rangka Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022, dan Desa Pentagen masuk dalam daftar 50 besar desa wisata terbaik dalam ADWI 2022.

Mas Menteri (sapaan Sandiaga Uno-red), mengatakan, desa wisata merupakan program unggulan yang menjadi pilihan banyak desa di tanah air. Itu terlihat dari peningkatan jumlah pendaftar desa wisata yang mencapai 200 persen lebih. ”Ini menunjukan ADWI menjadi program tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu,” ungkap Mas Menteri.

ADWI merupakan salah satu program unggulan penggerak kebangkitan pertumbuhan ekonomi dan pengembangan pariwisata Indonesia yang sedang digalakan oleh Kemenparekraf untuk kedua kalinya. Tema tahun ini adalah Kebangkitan Ekonomi untuk Indonesia Bangkit. Program ini diharapkan mampu mewujudkan visi “Indonesia sebagai Negara Tujuan Pariwisata Berkelas Dunia, Berdaya Saing Global, Berkelanjutan dan Mampu Mendorong Pembangunan Daerah dan Kesejahteraan Rakyat”.

Mas Menteri menambahkan, Kerinci memiliki paket lengkap untuk menarik minat wisatawan lokal maupun nasional, karena memiliki paket lengkap, yaitu gunung, danau dan eco tourism. Tak hanya itu, Teh Kayu Aro dari Kerinci yang menjadi favorit Ratu Elizabeth juga menjadi salah satu daya tarik untuk menarik minat wisatawan mancanegara.

Sementara itu, Bupati Kerinci Adirozal menjelaskan destinasi wisata di Kerinci memiliki potensi alam yang bagus, namun pengembangannya masih terkendala akses yang kurang memadai.”Kami berharap Gubernur dan Pak Menteri mendorong agar pesawat cepat landing di Kerinci,” ucap Bupati Kerinci.

Ditambahkan Bupati Kerinci dua periode ini, destinasi wisata di Kabupaten Kerinci banyak yang bagus, dan potensinya masih sangat besar untuk dikembangkan. “Mudah-mudahan dengan kedatangan Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif, atau akrab kita sapa Mas Menteri Sandiaga Uno, menunjukkan bahwa pemerintah pusat pun semangat turut mendukung memajukan Pariwisata Kabupaten Kerinci. Jadi, dengan sinergi dari pemerintah pusat, provinsi hingga kabupaten, kita bisa terus maju berkembang. Sebab, memang, dengan kebersamaan kita bisa terus tumbuh berkembang menjadi lebih baik,” tutup Adirozal. (ADV)