36 PEMBACA

Bupati Adirozal Buka MTQ ke-51 Tingkat Kabupaten Kerinci

Lensainfo.id, Berita Kerinci – Bupati Kerinci Dr.H. Adirozal, M.Si, membuka Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-51 tingkat Kabupaten Kerinci di Kecamatan Gunung Tujuh, Kabupaten Kerinci, pada Sabtu (03/07/2022).

Selain Bupati Kerinci Adirozal, turut hadir pada kegiatan ini Ketua DPRD Edminuddin, Forkopimda, Kakan Kemenag, Asisten, OPD dan Camat Lingkup Pemkab Kerinci. Acara ini berlangsung meriah dan dihadiri ratusan masyarakat serta rombongan kafilah yang akan berkompetisi.

Terdapat 529 kafilah, dengan jumlah anggota masing-masing mencapai ratusan orang. Kafilah tersebut berasal dari 16 Kecamatan yang ada di Kabupaten Kerinci.

MTQ kali ini akan memperlombakan berbagai cabang, diantaranya, Tilawah Qur’an, Tahfiz Qur’an, Tafsir Qur’an, Fahmil Qur’an, Syarhil Qur’an, Khattil Qur’an, Barzanji Marhaba, Karya Tulis Ilmu Al Qur’an, dan Hafalan Hadits.

Bupati Dr.H. Adirozal, M.Si menyampaikan, pelaksanaan MTQ Ke-51 diharapkan dapat melahirkan generasi Qurani, yakni generasi yang cinta Al-Qur’an dengan memiliki keimanan dan ketakwaan yang kukuh.

“Hendaknya MTQ ini tidak hanya sebagai ajang tahunan, tetapi harus kita maknai dengan menumbuhkan pribadi masyarakat yang gemar membaca dan mengamalkan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup,” kata Bupati Adirozal.

Ditambahkan Bupati Kerinci, pada tahun 2023 Kabupaten Kerinci dipercaya menjadi tuan rumah pelaksanaan MTQ Tingkat Provinsi Jambi. Sehingga hasil MTQ ini menjadi tolak ukur dan rujukan terhadap kesiapan sebagai tuan rumah MTQ Provinsi Jambi.

“Kita harapkan MTQ ke-51 dapat menjadi momentum mempererat persatuan dan persaudaraan sebagai penyatuan komitmen membangun Kerinci yang religius,” tutupnya.

Pembukaan MTQ Tingkat Kabupaten Kerinci ditandai dengan pemukulan beduk oleh Bupati Adirozal, dan unsu Forkopimda. Kemudian, dilakukan prosesi penyerahan piala juara umum ke Ketua LPTQ Kerinci, dan untuk selanjutnya diserahkan lagi ke panitia pelaksana. (ADV)