147 PEMBACA

Wakil Walikota Sungai Penuh Kembali Tinjau Pembangunan TPS 3R di 5 Lokasi

Lensainfo.id, Berita Sungai Penuh – Bertujuan memastikan kesiapan pembangunan  TPS 3R pada setiap Desa di Kota Sungai Penuh, Wakil Walikota Sungai Penuh Alvia Santoni (Antos) di dampingi  Asisten I Pemerintahan, Kabag Humas dan Protokol, Kabid Pemdes serta para Camat dan Kepala Desa, sore ini kembali meninjau langsung Tempat Pengolahan Sampah (TPS) Reduce, Reuse, dan Recycle (3R) di Desa Dujung Sakti, Desa Sri Menanti, Desa Lawang Agung, Desa Karya Bakti dan Desa Pelayang Raya pada Selasa ( 14)6/2022).

Di 5 lokasi peninjauan ada Menariknya saat peninjauan  terlihat sudah ada sampah organik dan sampah anorganik serta aktivitas proses kegiatan pemilahan maupun pengolahan sampah yang dilakukan Kelompok Swadaya Masyarakat selaku Pengelola TPS 3R.

Wawako Antos mengharapkan Dinas Terkait dan Perangkat Desa agar bisa menyampaikan kepada lapisan Masyarakat, bahwa upaya pengelolaan sampah secara swadaya sebagai upaya untuk terus menyadarkan warga agar mereka tidak terbiasa membuang sampah sembarangan dan mulai menjaga kebersihan lingkungan dan selama masa tahap awal operasional TPS 3R ini.ungkapnya.

Dikesempatan ini Wawako Antos juga menyampaikan, Tujuan TPS 3R adalah mengurangi sampah dari masyarakat ke TPA, TPS 3R merupakan Sub Sistem pengolahan dimana diharuskan mampu mencapai 3R yakni Reduce atau mengurangi, Reuse, menggunakan kembali dan Recycle menjadikan daur ulang, baik organik maupun anorganik.

TPS 3R ini adalah tempat persinggahan sampah untuk di sortir, baik untuk di jadikan Pupuk organik maupun untuk di manfaatkan ke hal lain.

Semoga dengan adanya TPS 3R ini mampu mengoptimalkan pengolahan sampah yakni mampu mengurangi kuantitas atau memperbaiki karakteristik sampah yang akan di olah secara lebih lanjut di tempat Pemprosesan Akhir. Pungkas Wawako.

(Red)