650 PEMBACA

Persiapan Kenduri Sko 5 Desa Tj Pauh Mudik, Tgl 19 Desember

Lensainfo.id, Berita Kerinci –  Kenduri Sko lima Desa Tanjung Pauh terus di mantapkan.
Perhelatan akbar lima tahunan kenduri Sko kembali akan di gelar masyarakat lima desa tanjung pauh mudik, berbagai persiapan terus dilakukan oleh panitia pelaksana terutama Pemantapan sejumlah agenda penting yang akan menjadi daya tarik sendiri bagi masyarakat yang menyaksikan nanti.

Dalam kenduri Kenduri Sko kali ini digelar berbeda karena menggunakan dua tempat setelah sebelumnya hanya satu tempat. “Ya. Kenduri Sko untuk kali ini memang menggunakan dua tempat pertama di Koto tuo larik luar sebagai lokasi upacara adat yang sakral, lokasi lainnya di lapangan hijau sepak bola tanjung pauh mudik sebagai lokasi festival kenduri Sko”.ujar ketua panitia pelaksana Em samsi.

Kenduri Sko akan kita laksanakan pada tanggal 19 Desember 2021. Pada saat ini seluruh panitia sedang bekerja keras untuk mensukseskan kenduri sko yang kita gelar lima tahun sekali. Ungkapnya.

Dikatakannya lagi, dalam acara kenduri Sko ini panitia akan membuat konsep acara semeriah mungkin dengan tidak meninggalkan adat istiadat asli dari tanjung pauh dan di gabungkan dgn konsep kreatifitas pemuda dan pemudi 5 desa tanjung pauh. “Kita akan menampilkan tari iyo iyo asli dari anak batino depati anum dan iyo iyo ibu – ibu lima desa tanjung pauh mudik” tegasnya.

Selanjutnya, kenduri sko kali ini juga akan di meriahkan dengan tari massal atau tari kreasi baru dari para remaja tanjung pauh yang saat ini terus melaksanakan latihan, selain itu, kalau masih ada waktu kita juga akan menampilkan silat pedang massal anak- anak. Jelasnya.

Disamping itu, panitia juga terus melakukan evaluasi terkait dengan pelaksanaan kenduri Sko, mulai dari koordinasi dengan tamu yang akan menghadiri sampai ke penyiapan tenda dan panggung di dua lokasi acara tersebut. Katanya.
Sementara itu, depati anum anderson pucuk adat 5 desa tanjung pauh mengatakan makna dari kenduri sko ini adalah menjalin silaturahim, persatuan dalam masyarakat kita sendiri dan masyarakat yang berada diluar desa kita.

Disamping itu, kata depati anum kenduri Sko juga menjadi tempat untuk melestarikan adat istiadat yang turun temurun telah dilaksanakan” Dalam kenduri sko kita nanti ada kegiatan penurunan Sko dan pembacaan pemakaian adat sesuai dengan aturan adat yang adat yang di pakai di lima desa ini”.jelasnya.

” Saya menghimbau kepada seluruh anak janatan dan anak betino baik yang berada di lima desa maupun berada di luar 5 desa ataupun yang berada dirantau, marilah kita bersama-sama berpartisipasi untuk mensukseskan acara kenduri Sko kita tahun ini”. Ungkap Depati Anum. (Tim)