149 PEMBACA

Pembukaan Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) Tahap Tiga di BLK Kerinci

Lensainfo.id, Berita Kerinci -Pembukaan Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK), Program Dana APBN BBPLK Medan di UPTD Balai Latihan Kerja Kabupaten Kerinci 2021, Angkatan ketiga kali ini Diikuti oleh 48 peserta dengan 3 sub kejuruan dan tiap kejuruan diisi oleh 16 peserta pelatihan, Bertempat di BLK Kerinci , Sabtu (11/09/21).

Adapun tiga sub kejuruan yang tersedia yaitu pertama Asisten pembuatan pakaian, kedua Komputer operator asisten, dan yang ketiga  Servis sepeda motor injeksi, Ketiga sub kejuruan ini jam pelatihan yang disediakan berbeda, untuk komputer dan menjahit 33 hari/ 260 jp atau (jam pelatihan), Kemudian kejuruan sepeda motor disediakan 43 hari 340 jp ( jam pelatihan).
Plt Kepala  BLK Kerinci, Suhaidir di penyampaiannya terkait dengan  laporan penyelenggaraan pembukaan pelatihan kali ini mengatakan proses rekrutmen angkatan yang ketiga dari dana APBN 2021, ini yang pertama  dengan sistem online, disini kami sampaikan sistem perekrutan murni dengan nilai tes peserta. Bersumber dari dana APBN BBPLK Medan ditahap ketiga ini mari kita ikuti dengan serius untuk bisa berkompetensi.tegas Suhaidir.
Tambahnya lagi di sistem online ini Peserta hanya bisa mendaftar di BLK hanya di berikan kesempatan satu kali pelatihan saja, untuk keberikutnya peserta yang sudah mengikuti pelatihan Kemudian ikut lagi mendaftar itu akan ditolak otomatis disistem online, pungkasnya.
Kepala Koperasi Kerinci Kopnaker diwakili dengan sekretaris Kopnaker Kerinci  Herlinda SP, MSi  dalam sambutanya kali ini menyampaikan pertama-tama mari kita bersukur dengan adanya dana APBN kita diberi kesempatan untuk mendapatkan pelatihan berbasis kompetensi di, dan kami berharap semua peserta yang ada untuk kedepannya agar dapat berkompetensi dan bisa bersaing di daerah luar negeri.ungkap Herlnda
” Perlu diketahui 60,34% PDB Produk Domistik Bruto di Indoseia ditunjang oleh UMKM, kita berharap dengan adanya pelatihan ini bisa meningkatkan SDM masyarakat kerinci, tutupnya.
Dilanjutkan dengan sambutan Ir Kafrizal  Pejabat Pembuat komitmen PPK di UPTD BLK Kerinci  dalam kesempatannya menyampaikan Terkait dengan Visi kementerian tenaga kerja Indonesia ada tiga pelatihan yg dilaksanakan pertama program keterampilan, kemudian Skiling itu melakukan pelatihan untuk memiliki keterampilan, upskiling, yaitu peningkatan kusus untuk peserta yang sudah memiliki keterampilan dasar, ketiga  reskiling yaitu pengalihan keterampilan ini pada dasarnya peserta yang audah memiliki keterampilan untuk bisa mengalihkan keterampilan, harapan kami dan kementerian tenaga kerja Indonesia agar terwujudnya keterampilan kompetensi Tenaga kerja Indonesia bisa bersaing keluar negeri. Terakhir Kafrizal mengajak mari ciptakan kedisiplinan dan ikutilah pelatihan ini dengan sesungguhnya agar memperoleh hasil yang maksimal, Pungkasnya.
Dilanjutkan dengan acara serah terima pakaian kerja secara simbolis kepada peserta pelatihan, Penyerahan dilakukan oleh Herlinda sekretaris Kepnaker, Kafrizal Pejabat Pembuat komitmen dan kepala BLK Kerinci Suhaidir secara simbolis kepada peserta pelatihan, ditutupi dengan doa kali ini juga dipimpin oleh Kepala BLK Suhaidir dan acarapun selesai. (W3N)