138 PEMBACA

Dikerjakan Tertutup Proyek 2,3 M ini, Kuat Dugaan Adanya Pencurian Volume

Lensainfo.id, Berita Sungai Penuh -Pekerjaan Rehabilitasi Daerah Irigasi (DI) berlokasi di Desa Sumur Anyir, Kecamatan Sungai Bungkal yang menggunakan dana APBD Kota Sungai Penuh tahun anggaran 2021 yang dikejakan CV. GIBRAN AKBAR dengan kontrak sebesar Rp. 2.3 Milyar dalam pelaksanaannya terkesan tertutup.
Pasalnya, dilokasi pekerjaan ditutup oleh seng, sehingga masyarakat setempat tidak mengetahui apa yang dikerjakan oleh kontraktor pelaksana.

“Kami warga tidak tahu apa kegiatan yang dikerjakan oleh kontraktor pelaksana. Hal itu dikarenakan, kontraktor pelaksana menutup dengan seng di lokasi pekerjaan” ujar Agusman, warga setempat pada media Jum’at (24/4/2021).

Ia juga mengatakan, ini patut dipertanyakan kenapa harus tertutup, padahal anggaran yang digunakan adalah uang negara, ujarnya.

Damsir kontraktor pelaksana saat ditemui di lokasi pekerjaan menjelaskan alasan ditutupi lokasi pekerjaan, agar tidak menggangu masyarakat setempat.

Zoni Irawan aktivis senior Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh saat dimintai tanggapannya, Sabtu (24/4/2021) mengatakan proyek senilai Rp 2,3 M itu bukan uang pribadi kontraktor, itu adalah uang Negara, seharusnya pelaksanaanya terbuka saja kepada masyarakat Jangan lah ditutup- tutupi, ujar Zoni.

Ia menambahkan dalam hal ini pihak Dinas PUPR selaku Penggunaa anggaran Dan pengawasan, seharusnya tegas Dan menegur Kontraktor pelaksana pekerjaan tersebut.

“Iya pihak PUPR harus tegas, dikhawatirkan Jika pekerjaan itu slalu ditutup dikhawatirkan ada pencurian volume yang berindikasi merugikan keuangan Negara, tutup Zoni. (W3N)