296 PEMBACA

Kinerja Kades Pondok Beringin Kembali Dikeluhkan , Warga Pertanyakan Sertifikat Tanah

Lensainfo,id, Berita Kerinci – Diberitakan sebelumnya Warga Desa Pondok Beringin Kecamatan Tanah Cogok Kabupaten Kerinci Keluhkan Kondisi Jalan Setapak Dan Drainase. Yang sudah sekian lama tidak diperhatikan pemerintahan Desa.  dinilai tidak ada keterbukaan pada Masyarakat Tentang penggunaan anggaran .
Berdasarkan Amanat (UU Nomor 06 Tahun 2014 dalam Pasal 24 huruf d) Tentang Desa, Penyelengaraan pemerintahan Desa berdasarkan asas keterbukaan. Anggaran dana Desa yang beralokasi harus dibuka secara transparan.
 
Kali ini Warga Pondok Beringin Kecamatan Tanah Cogok, Pertanyakan Surat Atas Kepemilikan Tanah Kepada Pemerintah Desa.
 
Legalitas atas kepemilikan tanah dapat dibuktikan dengan secara sah melalui sertifikat. Kepemilikan tanah akan   dianggap tidak sah apabila tidak memiliki bukti sertifikat.
 
Berdasarkan Pasal 3 huruf a PP tentang pendaftaran tanah bertujuan:
untuk memberikan kepastian hukum dan perlindungan hukum kepada pemegang hak atas suatu bidang tanah, satuan rumah susun dan hak-hak lain yang terdaftar agar dengan mudah dapat membuktikan dirinya sebagai pemegang hak yang bersangkutan.
 
Lebih lanjut dikatakan dalam Pasal 32 PP Pendaftaran Tanah bahwa sertifikat hak atas tanah merupakan surat tanda bukti hak yang berlaku sebagai alat pembuktian yang kuat mengenai data fisik dan data yuridis yang termuat di dalamnya, sepanjang data fisik dan data yuridis tersebut sesuai dengan data yang ada dalam surat ukur dan buku tanah hak yang bersangkutan.
 
Salah satu warga desa pondok beringin,kecamatan Tanah Cogok yang minta namanya dirahasiakan kepada media ini, menuturkan ” kami sudah mendaftar untuk pembuatan sertifikat tanah melalui Pemerintahan Desa, kurang lebih sudah hampir dua tahun. Namun sampai saat ini belum selesai juga.
 
Kabar yang berkembang, sertifikat tersebut sudah lama diserahkan dari Kantor Pertanahan Kerinci Kepada Kepala Desa Pondok Beringin, Dan sertifikat tanah tersebut sebagian sudah diserahkan Kepala Desa kepada warga yang bersangkutan, sebagian tidak diserahkan.
 
Kami juga sudah mencoba untuk mempertanyakan hal tersebut langsung dengan Kepala Desa (Mufti Alim), terkait Sertifikat Tanah milik kami. namun ia berdalih belum siap sampai sekarang.
 
Ditempat terpisah, pengakuan sumber lain mengaku Sertifikat Tanah sudah keluar dan sudah diserahkan. Saya juga melihat ada banyak tumpukan sertifikat tanah dirumah Kepala Desa, namun saya juga tidak bisa memastikan itu milik siapa. Jelasnya
 
Atas hal tersebut membuat kekecewaan puluhan warga terhadap Kepala Desa Pondok Beringin, yang memilah-milah untuk menyerahkan sertifikat miliknya. Dari kejadian tersebut seolah-olah ada kepentingan yang terselubung yang akan dilakukan oleh Kepala Desa kepada warga.
 
Kami sangat berharap agar seluruh sertifikat tanah milik warga dapat diserahkan kepada pemiliknya, disimpan di rumah Kepala Desa juga untuk apa. Tutupnya.
Mufti Alim Kepala Desa Pondok Beringin ketika dihubungi Harian Lensainfo.id melalui  via WhatsApp (29/11/20), enggan untuk memberikan hak jawabnya, dengan alasan kalau melalui Telpon atau WhatsApp kurang begitu pas.
“Saya mohon anda datang ke kantor kades besok pagi, saya jelaskan di kantor…bisa saya jelaskan…kalau melaui WhatsApp dan telpon kurang begitu pas..dikantor staf saya juga ada” ungkapnya
Lanjutnya lagi Saya tunggu anda di kantor untuk konfirmasinya lebih tepat langsung dengan saya supaya jelas informasinya.tutup Mufti Alim. ( Red )