321 PEMBACA

Warga Desa Pondok Beringin Kec,Tanah Cogok Keluhkan kinerja Kades.

Lensainfo.id, Berita Kerinci- Warga Desa Pondok Beringin Kecamatan Tanah Cogok Keluhkan Kondisi Jalan Setapak Dan Drainase. 26/11/2020

Pembangunan infrastruktur jalan lingkungan, drainase. dipandang perlu dan diprioritaskan dalam lingkungan dalam skala desa, karena hal tersebut merupakan kenyamanan akses warga dalam beraktifitas dalam lingkungannya.

Berdasarkan Amanat (UU Nomor 06 Tahun 2014 dalam Pasal 24 huruf d) Tentang Desa, Penyelengaraan pemerintahan Desa berdasarkan asas keterbukaan. Anggaran dana Desa yang beralokasi harus dibuka secara transparan.

Dan UU Nomor 06 Tahun 2014 Pasal 82 menyatakan, bahwa Masyarakat Desa berhak mendapatkan informasi mengenai rencana dan pelaksanaan Pembangunan Desa dan masyarakat desa berhak melakukan pemantauan terhadap pelaksanaan Pembangunan Desa.

“Salah satu warga desa pondok beringin kecamatan tanah cogok yang minta namanya dirahasiakan melalui media menuturkan, sudah kurang lebih tiga tahun (Mufti Alim) menjabat sebagai Kepala Desa Pondok Beringin, Jalan Setapak, Drainase untuk RT 03 Lorong Teratai tidak diperhatikan sama sekali dan terkesan ada unsur kesengajaan ataw membiarkan terbengkalai.

Pada hal jauh sebelum ini sudah diusulkan dalam musyawarah desa agar pembangunan jalan setapak tersebut dan drainase segera direalisasikan, malah Kepala Desa memprioritaskan jalan usaha tani yang ada disamping Kantor Desa.

Semestinya sebagai Pemimpin harus bijak menentukan pilihan mana yang harus diprioritaskan terlebih dahulu. dengan suatu alasan jalan yang ada dalam suatu desa kondisinya sangat memprihatinkan dan terkesan kumuh.

Itu harus diprioritaskan, karena masyarakat akan berlalu lalang untuk beraktifitas, sehingga menimbulkan pengaruh yang tidak baik disekitar lingkungan tersebut. Selain berpengaruh pada kebersihan lingkungan desa juga berpengaruh pada kenyamanan dalam arus transportasi desa.

Setau dan seingat kami, pembangunan jalan lingkungan di RT.03 Lorong Teratai, dibangun pada masa jabatan jabatan PJS sebelum ini. sudah sewajarnya jalan dilokasi ini dibangun kembali karena sudah dimakan usia dan sudah rusak parah. Ungkapnya

“Lanjutnya lagi, Kami sangat berharap adanya perhatian lebih dari Kepala Desa Pondok Beringin untuk melakukan pemerataan pembangunan, memperhatikan dan memprioritaskan pembangunan jalan lingkungan terutama di RT.03 Lorong Teratai karena sudah sangat memprihatinkan sekali. Apalagi setelah diguyur hujan, badan jalan menjadi sangat becek sekali.

Terkahir kami juga sangat berharap adanya transparansi Kepala Desa ditengah masyarakat terkait rencana pembangunan maupun kegiatan lain dalam desa ini. Agar peran seorang kepala desa dalam memimpin ditengah masyarakat, tidak terkesan ingin memperkaya diri dari kucuran Alokasi Dana Desa tersebut. Tutupnya

Mufti Alim Kepala Desa Pondok Beringin ketika dihubungi lensainfo.id, melalui WhatsApp dengan tanda dibaca namun tidak ada balasan, dilanjutkan melalui telpon diangkat oleh istri dari Kepala Desa dengan keterangan kades tidak dirumah, Hp ditinggalkan sedang di cas.(Red)