32 PEMBACA

BUMDes “Wisata Tempat Cerita” (WTC) Desa Koto Beringin Hamparan Rawang Syurganya Parawisata

SUNGAIPENUH-Desa Koto Beringin merupakan desa yang terletak di Kecamatan Hamparan Rawang Kota Sungai Penuh Provinsi Jambi. Desa Koto Beringin saat ini orang 01 atau kepala desa Nafriyal S.PdI, di kenal dengan kepala desa termuda pilihan masyarakat desa Koto Beringin yang ada di kota Sungai Penuh.

Direktur BUMDes Desa Koto Beringin Drs. Asma, beserta pengurus lainnya mampu menciptakan perubahan dan berhasil menciptakan sebuah ide baru yaitu dapat menciptakan sebuah tempat wisata terbaru di Kota Sungai Penuh yang sangat menarik pengunjung, dan ide tersebut mendapat tanggapan dan respon positif dari kepala desa yang bergelar Sarjana Pendidikan Islam (S.PdI) ini. Sehingga terciptalah wisata baru, wisata tersebut diberi nama “Wisata Tempat Cerita” (WTC).

 WTC adalah salah satu tempat wisata menarik di Kota Sungai Penuh dan Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Koto Beringin Kecamatan Hamparan Rawang. WTC ini merupakan sebuah objek wisata baru bernuansa alam serta murah meriah yang terletak strategis dan sangat terkesan akan keindahan sawah yang luas.

WTC Desa Koto Beringin Kecamatan Hamparan Rawang adalah tempat wisata yang sangat menarik minat masyarakat serta muda-mudi Kota Sungai Penuh dan Kabupaten Kerinci untuk mengunjunginya, wisatanya sangat indah serta pemandangan hamparan sawah yang didirikan pondok kecil yang menarik di atasnya sebagai tempat berbenah dan berteduh untuk menikmati keindahan pemandangan sawah di hamparan Rawang. Wisata tersebut juga dihiasi oleh bunga-bunga cantik yang mampu menciptakan kenyamanan bagi pengunjung  bahkan di sana kita dapat pula menikmati udara segar tanpa polusi.

Ketertarikan pengunjung WTC ini tidak hanya masyarakat Kerinci saja bahkan masyarakat luar pun juga sangat tertarik pada keunikan wisata tersebut. Taman ini sangatlah nyaman, tiupan angin begitu terasa, hal ini dikarenakan taman tersebut berada di hamparan sawah luas yang subur dan menghijau.

Menarik bukan? Bagaimana tidak, hawanya yang dingin pemandanganpun sangatlah fantastis, melihat hamparan padi yang menghijau dihiasi bunga-bunga segar di ketepian jalan. Hal ini akan memberikan ketenangan dan kesenangan tersendiri bagi penikmatnya dan akan sangat membantu untuk mengembalikan mood-mood kalangan muda yang patah hati.

Sangat banyak  faktor pendukung yang mengakibatkan terbentuknya wisata ini seperti hamparan sawah yang luas, fasilitas rumah pondok yang terbuat dari bambu yang mudah didapatkan, hiasan bunga yang hidup dengan subur.

Pastinya hal ini tidak terlepas dari kerja sama dari pemuda pemudi yang ada di Desa Koto Beringin Hamparan Rawang, mereka sangat antusias dalam mewujudkan wisata yang fantastis ini, mereka bergotong royong untuk mencapai target beroperasinya wisata tersebut selain itu masyarakat setempat baik dari orang tua bahkan pemimpin desa seperti ketua adat, kepala desa, dan ketua RT juga memberikan dukungan penuh agar terwujudnya wisata ini.

Waah benar-benar menarik, Apalagi dikunjungi dengan tujuan refreshing bersama sahabat, pasangan bahkan piknik bersama keluarga anda. Walaupun wisata di Kerinci telah banyak dibuka namun wisata ini masih saja membuat muda-mudi Kota Sungai Penuh dan Kabupaten Kerinci penasaran terhadap keindahannya.

Untuk menjaga keindahannya kepala desa Koto Beringin Nafriyal S.PdI menghimbau bagi para pengunjung untuk menjaga kelestarian wisata ini baik dalam fasilitas pondok, aksesoris atau bahkan tanaman seperti bunga dan bahkan padi yang terhampar luas di sawah. Agar kelak tidak merugikan masyarakat dan wisata ini berjalan dengan baik sesuai apa yang direncanakan. Selasa, (13/11/2018.

Nafriyal S.PdI juga mengucapkan terimakasih kepada pendamping desa Koto Beringin Boy Sandi, yang telah bersusah payah mendampingi serta mengarahkan hingga berdirinya WTC desa Koto Beringin kecamatan Hamparan Rawang.

Drs. Asma Ismail, Direktur Bumdes WTC mengatakan, awal terbentuknya tempat wisata ini melihat kesibukan masyarakat kota Sungaipenuh yang sibuk dengan hiruk pikuk pekerjaan masing-masing, dengan keadaan seperti itu ia menawarkan tempat wisata yang tenang.

Selanjutnya Asma menjelaskan, nantinya WTC ini bisa digunakan untuk tempat diskusi dan meeting bagi masyarakat luas, kemudian dengan adanya WTC ini bisa mengurangi adanya pengangguran di desa Koto Beringin.

Wandi, Sekretaris BUMDes WTC Desa Koto Beringin mengatakan “Selaku pengurus Bumdes melihat keadaan alam di desa Koto Beringin yang memiliki Sumber Daya Alam (SDA) yang sangat memungkinkan untuk menciptakan tempat wisata baru di Kota Sungaipenuh, maka dari situlah kami sangat termotivasi untuk membuat tempat wisata yang diberinama Wisata Tempat Cerita (WTC).

Selain itu Bendahara BUMDes WTC Deki, menyampaikan dalam proses pembuatan WTC ini memang membutuhkan perjuangan yang luar biasa, namun berkat kerjasama pemerintahan desa, pengurus BUMDes WTC dan unsur-unsur lainnya, alhamdulillah BUMDes WTC desa Koto Beringin dapat berdiri seperti saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.